Runtuhnya Jembatan Palu Kena Gempa, Mengingatkan Eksotisme 8 Jembatan di Dunia ini - amirpk

Breaking

Random posts

ads

Rabu, 03 Oktober 2018

Runtuhnya Jembatan Palu Kena Gempa, Mengingatkan Eksotisme 8 Jembatan di Dunia ini



Gempa Palu, Jumat (28/9) telah menghancurkan ikon kota Palu, salah satunya adalah jembatan Palu IV atau yang lebih dikenal dengan nama jembatan Ponulele.  Jembatan ini  membentang di atas Teluk Talise. Jembtan ini juga kerap menjadi atraksi wisata yang menarik minat banyak wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

Biasanya wisatawan yang berkunjung ke jembatan-jembatan eksotis itu, terpukau akan arsitekturnya. Tak hanya elok untuk dipandang, bangunan-bangunan konstruksi ini juga kerap memiliki makna dan kisah sejarah dibalik pembangunannya.

Mengutip My Domaine, berikut beberapa bangunan jembatan eksotis di berbagai negara di dunia:

1. Pont du Gard, Perancis

 
Menyeberangi Sungai Gardon di bagian selatan Perancis, Pont du Gard dibangun sebagai akses saluran air di masa romawi kuno.

Bangunan ini memiliki tiga gerbang berlapis yang saling bertumpuk sehingga menciptakan fondasi jembatan yang kokoh.

Berkat arsitektur unik dan kisah bersejarah romawi yang dimiliki, Pont du Gard masuk ke dalam daftar World Heritage Sites UNESCO pada 1985.

2. Jembatan Kintai, Jepang


Berlokasi di Perfektur Yamaguchi, Jembatan Kintai kian menarik perhatian wisatawan berkat bentuknya yang tak umum.

Dari lima bagian yang dimiliki jembatan, tiga di antaranya memiliki bentuk melengkung layaknya setengah lingkaran.

3. Jembatan Bixby, California


Membentang di antara Pegunungan San Lucia dan Samudra Pasifik, Jembatan Bixby merupakan salah satu jembatan yang paling banyak difoto di California karena desain arsitektur mengesankan.

Sebelum akhirnya dibangun pada tahun 1931, pemerintah mempertimbangkan dua alternatif lokasi jembatan, yakni pedalaman dan pantai.

Jembatan Bixby hanya dapat diakses jika pengunjung berkendara di sepanjang jalur cepat Rute 1 Big Sur.

4. Jembatan Gantung Dachstein, Austria


Berada di ketinggian lebih dari 2700 meter di atas permukaan laut, Jembatan Gantung Dachstein tampak seperti mengambang di awan.

Dikenal dengan julukan "Stairway to Nothingness", jembatan ini menyuguhkan pemandangan gletser Dachstein dan panorama puncak gunung yang menakjubkan.

Pengunjung dapat menggunakan layanan kereta gantung yang tersedia untuk menjumpai jembatan ini.

5. Jembatan New River Gorge, Virginia Barat


Terbuat dari rangkaian baja yang kokoh, Jembatan New River Gorge meregang sepanjang 924 meter di atas Jurang New River di Pegunungan Appalachian. Jembatan ini dibangun sebagai upaya mempersingkat waktu perjalanan.

Jembatan ini kerap dijadikan area olahraga ekstrem seperti panjat tebing hingga bungee jumping. Namun, kegiatan tersebut tak boleh lagi dilakukan sejak tahun 1993.

6. Jembatan Stari Most, Bosnia


Membentang di atas Sungai Neretva, Stari Most merupakan penghubung bagi dua bagian dari kota Mostar. Jembatan ini merupakan karya dari Mimar Hayruddin yang juga membangun sejumlah bangunan kerajaan di Instanbul.

Setelah 427 tahun kokoh berdiri, Stari Most dihancurkan pada tahun 1993 oleh pasukan militer Kroasia. Jembatan dibangun kembali pada 2004 lalu.

7. Jembatan Sylvensteinsee, Jerman


Tertanam di Alpen Karwandel di bagian atas kawasan Bavaria, Jembatan Sylvensteinsee adalah bagian dari rute jalur cepat dengan pemandangan terindah di dunia.

Di musim dingin, danau yang berada di sekeliling jembatan kerap membeku berkat cuaca yang begitu dingin.

8. Jembatan Liberty, Hongaria


Jembatan Liberty awalnya dibangun sebagai bagian dari Pameran Dunia Milenium di akhir abad ke-19. Panjang jembatan sekitar 333 meter, dengan lebar 20,1 meter.

Di bagian atas jembatan terdapat empat tiang dihiasi patung perunggu besar berbentuk elang. Sosok elang ini adalah mitologi Hongaria kuno.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar