Bingung dengan Maraknya Tawaran Jual Laptop, Ini 5 Hal yang Perlu Anda Lakukan Sebelum Membeli



Jual laptop saat ini banyak ditawarkan baik melalui online ataupun offline. Anda pun juga bisa membelinya dengan cara yang sama. Apalagi laptop saat ini sudah menjadi kebutuhan, diperlukan untuk menunjang setiap kegiatan. Misalnya saja untuk anak kuliah mengerjakan tugas, pekerja kantoran menyelesaikan laporannya dan masih banyak lainnya.

Tidak heran jika saat ini juga banyak produsen laptop yang menawarkan beragam jenis laptop. Jika Anda sedang berniat membeli laptop baru, harus cermat dalam memilihnya. Karena saat ini banyak laptop yang diklaim canggih dan membuat banyak orang tertarik namun kenyataannya ternyata laptop tersebut tidak sebagus yang dibayangkan.

Anda perlu mengetahui secara mendetail apa saja spesifikasi laptop tersebut agar bisa sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda lakukan dalam membeli atau memilih laptop agar sesuai dengan kebutuhan : 

Memilih laptop baru atau bekas

Hal yang paling mendasar sebelum Anda membeli sebuah laptop, yaitu memilih laptop baru atau bekas yang akan dibeli. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing, namun akan lebih baik memilih yang masih dalam kondisi baik. Jika Anda ingin membeli laptop yang bekas, ketahui terlebih dahulu tips apa saja yang akan membuat Anda tidak menyesal di kemudian hari.

Saat ini banyak pula yang jual laptop bekas sehingga Anda tidak perlu bingung mencari tempat untuk membeli laptop yang sudah pernah dipakai. Hal yang terpenting Anda mengecek barang tersebut dengan cermat, agar tidak terkecoh dengan oknum yang merugikan. 

Memilih sistem operasi 

 
Tips selanjutnya yaitu memilih sistem operasi. Kebanyakan orang awam masih bingung ketika dihadapkan dengan pilihan sistem operasi untuk laptop baru. Sistem operasi tersebut diantaranya Mac, Windows 10 dan Chrome OS. Nah, ada beberapa sistem operasi yang dijual sepaket dengan laptop, ada pula laptop yang dijual tanpa sistem operasi, jadi Anda perlu membeli lisensi dari sistem operasi yang diinginkan. 

Memilih fasilitas 2 in 1

Memilih fasilitas 2 in 1 tentu akan sangat menguntungkan bagi Anda. Saat ini sudah banyak laptop yang bisa dijadikan tablet atau produk lain yang sesuai dengan kebutuhan. Tetapi sayangnya laptop yang mempunyai fasilitas ini memiliki masalah pada daya tahan baterai. Daya tahan baterai memiliki kelemahan dan hanya mampu bertahan screen on time selama kurang lebih 60-90 menit saja.

Jadi fasilitas 2 in 1 tidak disarankan untuk para editor atau gamer yang membutuhkan daya tahan baterai yang panjang. 

Memilih ukuran laptop

Tips selanjutnya yaitu memperhatikan ukuran laptop yang akan dipilih. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Laptop sendiri mempunyai beragam varian mulai dari terkecil hingga terbesar. Nah, biasanya laptop ini dikategorikan sesuai dengan ukuran layarnya. Beberapa diantaranya :

a. 11 – 12 inchi

b. 13 – 14 inchi

c. 15 inchi

d. 17 – 18 inchi 

Koreksi keyboard dan touchpad

Keyboard dan touchpad menjadi hal yang sangat penting pada laptop. Karena jika tidak ada kedua hal tersebut, laptop tidak bisa digunakan. Pada setiap laptop, tentu keyboard dan touchpad ini memiliki perbedaan tersendiri. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Jika Anda adalah seorang pekerja yang sering menggunakan laptop, memang sangat wajib hukumnya untuk mengecek perihal keyboard dan touchpad. 

Demikian beberapa hal yang perlu Anda lakukan atau tips dalam membeli laptop agar sesuai dengan kebutuhan dan bisa tepat guna. Jika Anda ingin membeli laptop baru tidak usah bingung karena saat ini sudah banyak tempat jual laptop yang bisa Anda cek barang-barangnya, baik secara online maupun offline.



Tidak ada komentar