Sedang Hamil? Ini Beberapa Akibat Apabila Kekurangan Nutrisi Ibu Hamil


Nutrisi ibu hamil penting untuk diperhatikan, wajib agar selalu tercukupi dan terpenuhi pada setiap harinya. Selama masa kehamilan, Anda perlu memahami bahwa kebutuhan nutrisi ibu hamil akan bertambah, lebih banyak dari sebelum hamil. Jika nutrisi bisa terpenuhi maka akan berdampak positif bagi bayi yang ada dalam kandungan si ibu.

Namun terkadang masih ada juga ibu hamil yang kurang memperhatikan kebutuhan nutrisinya selama masa kehamilan. Misalnya dengan alasan kondisi tubuhnya sudah dalam keadaan sehat dan baik-baik saja untuk digunakan beraktivitas sehari-hari. Tidak memahami padahal sebenarnya hal tersebut karena belum terlihat dampaknya yang bisa jadi baru terlihat ketika anak lahir ataupun anak dalam pertumbuhan nantinya.

Berikut beberapa akibat apabila kekurangan kandungan nutrisi selama kehamilan yang sebaiknya diwaspadai bagi para ibu hamil, diantaranya : 

Hernia diafragma pada si bayi

Akibat ibu hamil kekurangan nutrisi salah satunya adalah kondisi dimana bayi mengalami cacat bawaan pada diafragma bayi yang bentuknya tidak seperti bayi normal lainnya. Dimana posisi lambung menembus masuk ke dalam rongga dada yang tentu ini sangat berbahaya bagi kondisi kesehatan si bayi itu sendiri.

Bayi beresiko terkena penyakit jantung

Ibu hamil yang kekurangan nutrisi juga bisa mengakibatkan bayi mudah beresiko terkena penyakit jantung bawaan yang tentu ini tidak bagus untuk kesehatannya karena di usia dini sudah menderita penyakit jantung.

Untuk itu perhatikanlah kebutuhan nutrisi harian seperti makan-makanan yang mengandung vitamin B2 dan B3 karena memiliki dampak yang positif untuk menjaga jantung janin yang ada dalam kandungan. Selain itu agar terhindar dari penyakit jantung bawaan yang kemungkinan bisa saja terjadi pada si bayi, sebaiknya hindari makan-makanan yang mengandung lemak apalagi hingga berlebihan.

Bayi mengalami bibir sumbing

Bibir sumbing adalah suatu cacat bawaan yang ditandai dengan kondisi dimana pada bibir bayi timbul celah, bisa juga di rongga mulut atau bahkan keduanya. Tentu ini akan mengganggu pertumbuhan si anak.

Begitupun dengan aktivitas sehari-harinya juga bisa jadi terganggu. Sehingga agar si ibu tidak melahirkan bayi dengan kondisi memiliki bibir sumbing, alangkah baiknya untuk memperhatikan agar nutrisi ibu hamil terpenuhi.

Selain karena keturunan, biasanya bayi yang lahir dengan bibir sumbing ini bisa saja terjadi karena selama masa kehamilan si ibu kekurangan makanan ataupun minuman yang mengandung vitamin A dan asam folat.

Hal ini bisa didapatkan dengan makan sayur dan buah-buahan yang mengandung vitamin A seperti wortel, sayur dan sebagainya. Untuk asam folat ini sekarang sudah banyak tersedia dalam bentuk susu hamil yang rasa maupun variannya bisa dipilih sesuai selera ibu hamil itu sendiri.

Cacat tabung saraf

Kekurangan nutrisi selama masa kehamilan juga bisa menyebabkan bayi lahir dengan kondisi seperti ini. Cacat tabung saraf merupakan suatu kondisi dimana bayi yang lahir memiliki kelainan atau gangguan pada saraf pusat, seperti saraf otak dan saraf tulang belakang. Tidak bisa disangkal ini merupakan saraf-saraf  terpenting dalam tubuh.

Oleh karena saraf tersebut terganggu otomatis pertumbuhan dan perkembangan anak juga tidak optimal seperti halnya anak yang lahir dalam keadaan normal. Diantara bentuk dari cacat tabung saraf ini yakni spina bifida dan anencephaly. Hal ini karena kebutuhan asam folat tidak terpenuhi dengan baik.

Beberapa akibat tersebut bisa saja terjadi dan masih banyak lagi akibat-akibat yang lain apabila si ibu kekurangan nutrisi selama masa kehamilannya. Untuk itu terutama bagi suami dan keluarga sebaiknya perhatikanlah setiap asupan dan kebutuhan nutrisi ibu hamil agar tetap terpenuhi dan terjaga.


 

Tidak ada komentar