4 Jenis Makanan yang Perlu Anda Hindari Pada Saat Haid


Ketika Anda memasuki masa menstruasi, maka Anda perlu menjaga pola makan secara lebih baik agar dapat mengurangi rasa nyeri haid ketika di fase awal haid. Selain itu, Anda disarankan untuk tetap beraktivitas seperti biasa, agar darah yang ada di rahim dapat mengalir keluar dengan cepat. Namun apabila rasa sakit terasa berlebihan, Anda disarankan untuk periksa ke dokter agar mendapat solusi terbaik. 

Ada beberapa jenis makanan perlu Anda hindari saat sedang haid, diantaranya adalah sebagai berikut  :

1. Makanan mengandung kadar garam yang tinggi

Pada saat menstruasi, jenis makanan dengan kandungan  kadar garam yang  tinggi perlu Anda hindari. Hal ini bisa mengurangi gejala kembung dan retensi cairan pada saat haid. Makanan kadar garam tinggi seperti kentang goreng, Anda dapat menghindarinya dengan mengganti dengan camilan  kentang panggang yang memiliki kadar garam lebih rendah.

2. Makanan mengandung lemak tinggi

Selanjutnya yaitu menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi. Jenis makanan berlemak dapat menyebabkan kembung yang mengganggu, terutama pada saat haid. Makanan berlemak yang perlu untuk dihindari meliputi daging berlemak, sosis, keju, daging asap, makanan bersantan, dan biskuit dimana makanan yang mengandung minyak berlebihan sebaiknya anda hindari.

3. Minuman mengandung alkohol

Alkohol dapat berdampak buruk pada kesehatan badan pada saat haid maupun tidak haid. Pada saat haid mengkonsumsi alkohol akan memperburuk keadaan karena gejala premenstrual sindrome dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah sehingga membuat Anda menjadi lebih sensitif dan cepat marah, gelisah, kelelahan, dan juga dapat menyebabkan sakit kepala.

4. Makanan mengandung kafein

Pada saat Anda sedang haid atau menjelang haid, maka makanan mengandung kafein merupakan larangan makanan saat haid yang perlu Anda hindari. Hal ini karena jenis makanan tersebut bisa memicu gelisah, cemas dan sulit tidur atau insomnia dan juga yang sering dialami oleh para remaja yaitu mood yang sering berubah-ubah. Kandungan kafein juga menyebabkan peningkatan produksi asam lambung.

Selain menghindari kafein yang biasa terdapat pada munuman seperti teh dan kopi, Anda juga perlu membatasi minuman soda, minuman berenergi, es krim coklat atau minuman dan makanan lain yang mengandung kafein atau kopi. Dengan begitu rasa nyeri pada saat haid dapat berkurang. 





Tidak ada komentar