Bukan Hanya Nyaman, Ini Kelebihan Travelling Menggunakan Kereta Api



Kalimat “Naik kereta api sekarang lebih nyaman” pasti akan terdengar nyaring jika Anda menanyakan tentang kondisi alat transportasi satu ini kepada masyarakat umum, lebih-lebih kepada komunitas pengguna kereta api. Ya, memang tidak bisa disangkal lagi, melakukan perjalanan menggunakan kereta api kini semakin nyaman.

Kondisi ini tentu tidak terlepas dari semangat reformasi yang terjadi di tubuh PT.Kereta Api Indonesia (KAI). Anda bisa buktikan, tidak perlu kelas eksekutif, kini kereta api kelas ekonomi saja sudah dilengkapi dengan fasilitas pendingin udara (AC). Berbeda dengan zaman dulu, dimana di gerbong kelas ekonomi sangat terbatas fasilitasnya. Sekedar untuk mengurangi rasa panas, hanya ada beberapa titik kipas angin yang kurang terasa hembusannya, membuat para penumpang gerah, berkeringat, berbagai aroma merebak dan rasa tidak nyaman lainnya.

Masalah kursi penumpang baik kelas ekonomi maupun bisnis, kini penumpang tidak berjejal lagi seperti dulu, tidak ada satupun penumpang berdiri sebagaimana yang pernah terjadi di masa lalu. Masing-masing penumpang duduk sesuai nomor kursi yang tertera di tiket masing-masing penumpang. Jadi suasana di dalam gerbong lebih nyaman, lebih lega dan pastinya lebih tertib.

Bagaimana untuk urusan tiket? Tidak perlu khawatir, pembelian tiket kereta api kini semakin mudah. Untuk kelas beserta harga tiket kereta api tersedia sesuai kantong Anda. Prosedurnya tidak ribet, Anda bisa membelinya dengan dua cara yaitu secara langsung di stasiun dan menggunakan salah satu aplikasi. Masing-masing metode pembelian tiket kereta api sudah menyediakan fitur pemilihan kursi yang dikehendaki. Terdapat denah atau lay-out gerbong lengkap dengan nomor kursi. Tinggal klik atau tap saja pada nomor kursi yang dikehendaki. Cukup praktis kan?

Nah, selain beberapa kenyamanan di atas, memilih kereta api untuk moda transportasi bepergian bisa memberikan beberapa keuntungan. Apa saja keuntungan tersebut? Simak ulasan berikut ini :

1. Menikmati pemandangan yang indah

Beberapa jalur kereta api menyuguhkan pemandangan alam yang indah, seperti panorama alam khas persawahan, perbukitan hijau, atau tepi pantai dan yang lainnya. Tentu ini bisa membuat perjalanan dengan kereta api sangat menyenangkan, Anda bisa menyalurkan hobi fotografi di sini. Tanpa disadari, dengan melihat pemandangan selama perjalanan, Anda telah mengurangi pikiran penat dan cenderung pikiran menjadi lebih segar.

2. Bebas dari kemacetan 

 
Dengan jalur khusus berupa rel, maka alat transportasi ini pasti terbebas dari macet. Berbeda dengan angkutan darat lainnya, seperti bus atau mobil yang sering terjebak macet saat lalu lintas padat. Karena bebas macet, maka transportasi ini juga relatif lebih tepat waktu. Anda bisa menghemat energi yang mungkin terkuras selama kemacetan. Selain itu, kamu bisa puas terlelap agar lebih segar sesampainya di tempat tujuan.

3. Lebih leluasa membawa barang

Jika Anda bepergian dengan banyak barang bawaan, kereta api merupakan alat transportasi yang tepat. Ruang gerbong yang cukup luas membuat kamu leluasa membawa barang bawaan. Tidak perlu ditimbang atau dibatasi beratnya. Selain itu, kamu tidak perlu check-in untuk memasukkan bawaan ke bagasi. Selain itu juga tersedia kargo kereta api jika Anda menghendaki untuk membawa barang yang lebih besar lagi.

4. Bisa menambah teman

Memilih kereta api jarak jauh sebagai transportasi bisa membuatmu bertemu dengan banyak orang. Waktu perjalanan yang lumayan lama, bisa membuat Anda saling mengenal dengan penumpang lain di sekitar Anda. Selanjutnya Anda bisa saling berkenalan, bercengkerama dan akhirnya bisa menjadi teman.

5. Bisa memicu kreativitas

Menghabiskan waktu berjam-jam di dalam kereta akan membantu kamu untuk menjadi seseorang yang lebih kreatif. Secara tidak langsung, kamu akan memikirkan berbagai cara untuk mengatasi kebosanan, seperti bercengkerama, mendengarkan musik, membuat video, menulis, atau menciptakan lagu. Hal ini tentu akan membuat pikiranmu terus bekerja untuk menghasilkan ide-ide baru selama perjalanan.

6. Tetap aktif di media sosial

Perjalanan menggunakan kereta api membuat Anda mudah untuk aktif di media sosial. Hal ini dapat terjadi mengingat sudah tersedianya soket daya di setiap barisan kursi kereta. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir akan kehabisan daya pada ponselmu. Kondisi ini sulit Anda temukan di alat transportasi lainnya.

7. Keamanan lebih terjamin

Angka kecelakaan kereta api cenderung lebih sedikit dibanding dengan kecelakan bus atau mobil, sehingga kereta api dinilai lebih aman. Jalur tersendiri bagi kereta api juga menjadi salah satu faktor yang memperkecil kecelakaan kereta.

8. Pilihan trasportasi bagi yang phobia ruang sempit dan ketinggian

Dengan ruang yang luas pada tiap gerbong, pemilik phobia ruang sempit tentu akan nyaman bepergian dengan kereta api. Berbeda dengan pesawat yang memiliki ruang gerak terbatas, penumpang kereta api bebas berjalan-jalan di sepanjang lorong kereta. Selain itu, kereta api tidak akan membuat khawatir orang yang takut ketinggian.

Nah, itulah 8 kelebihan menggunakan kereta api untuk bepergian, semoga bisa menjadi referensi untuk Anda. Kini, tak perlu ragu lagi menggunakan kereta api karena ada banyak keunggulan dibanding kendaraan lain seperti bus atau pesawat. Yuk, traveling dengan kereta api! 




Tidak ada komentar