5 Tips Mencuci Sepatu Nike Agar Tidak Cepat Rusak




Sepatu sebagai salah satu jenis alas kaki memang terlihat gampang untuk dibersihkan, padahal jika Anda salah dalam mengeksekusi, bukan tidak mungkin sepatu akan rusak. Sepatu dari brand ternama seperti Nike Air Force 1 Mid pun perlu dicuci sebagai salah satu usaha merawatnya. Sepatu yang tidak dibersihkan akan terlihat kotor sehingga tidak enak dipandang. Mengenakan sepatu kotor pun tidak nyaman karena kepercayaan diri pemakainya dapat menurun.

Tips Mencuci Sepatu Nike

Mencuci sepatu apa pun, termasuk sekelas Nike Air Force 1 Mid perlu mengetahui caranya dengan benar agar awet dan tidak cepat rusak. Beberapa orang barangkali merasa malas atau jarang mencuci sepatu karena sibuk atau biaya pencucian yang mahal. Kebiasaan ini sebaiknya tidak diteruskan, karena memakai sepatu yang kotor dapat memicu penyakit pada kaki Anda.

Berikut ini adalah tips mencuci sepatu agar tidak cepat rusak.

1. Melepaskan Tali Sepatu

Ketika mencuci sepatu, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melepas tali sepatu, kemudian menggosoknya di atas papan pengering atau penggilasan menggunakan sikat yang telah diberi sabun. Pastikan bahwa tali tersebut kering sebelum memasangnya kembali.

Apabila tali sepatu sudah sangat kotor sehingga tidak layak digunakan, Anda dapat membeli yang baru. Anda dapat membeli dengan warna yang sama atau menggantinya jika bosan.

2. Membersihkan Sol

Langkah kedua dalam mencuci sepatu adalah melepaskan dan membersihkan sol bagian dalam. Bersihkan sol bagian dalam dengan kain lap atau sikat lemput yang telah dicampur dengan air hangat beserta sabun cuci cair. Setelah itu, seraplah air sabun berlebih menggunakan spons atau langsung membilas dengan air bersih. Biarkan sol sepatu mengering kemudian pasanglah kembali.

3. Membersihkan Bagian Luar

Untuk membersihkan kotoran pada bagian luar sepatu, Anda dapat menggunakan sikat berbulu halus, sikat sepatu, maupun sikat gigi halus yang sudah tidak terpakai. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kapas pentol atau tusuk gigi untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit terjangkau. Oleskanlah cairan pembersih pada spons, lap atau sikat dengan lembut, lalu menggosok bagian luar sepatu.

Langkah selanjutnya adalah mencampur air hangat dan sedikit sabun cuci cair agar bisa digunakan untuk membersihkan alas kaki Anda. Ini membuat sepatu tidak cepat rusak. Apabila warna putih sepatu mulai luntur, Anda dapat memakai pasta gigi pada bagian warna tersebut. Langkah ini efektif untuk mengatasi warna putih sepatu yang telah menguning atau pun kotor.

4. Mencuci Sepatu

Anda sebaiknya membaca label perawatan sepatu sebelum mencucinya. Sepatu ori bisanya dibekali dengan label berisi cara merawat sepatu yang bisa Anda jadikan rujukan. Namun jika keterangannya menyatakan bahwa sepatu Anda tidak dapat dicuci, sikat saja bagian luar sepatu.

5. Mengeringkan Sepatu

Saat mengeringkan sepatu, pilihlah kondisi pencahayaan yang cukup dengan suhu ruangan tidak terlalu kering. Anda perlu menghindari mengeringkannya pada tempat yang panas atau terpapar sinar matahari secara langsung sebab hal ini dapat merusak sepatu. Kemudian, agar tidak cepat rusak, jangan mengeringkan sepatu menggunakan pengering mesin cuci. Dengan begitu sepatu tidak akan melengkung dan permukaan luarnya tetap bagus.

Demikianlah lima tips bagi Anda dalam membersihkan atau merawat sepatu agar tidak cepat rusak. Semua sepatu membutuhkan perawatan yang benar agar sepatu berumur panjang. Bahkan untuk brand ternama yang terjamin kualitasnya, seperti Nike Air Force 1 Mid juga membutuhkan perawatan yang tepat.

Cara yang benar dalam mencuci sepatu perlu Anda ketahui agar alas kaki tersebut dapat benar-benar bersih, bukan malah rusak karena salah penanganan.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.



Tidak ada komentar