Bukan Hanya Bikin Nikmat Masakan, Kapulaga dan Bawang Bombai Juga Kaya Manfaat


Anda pasti setuju jika kunci dari kelezatan sebuah masakan terletak pada racikan bumbu yang digunakan. Apalagi kalau kita berbicara soal masakan khas suatu daerah di Indonesia, pasti tidak akan terlepas dari bumbu-bumbu khusus yang menjadi rahasianya. Banyak sekali bumbu dapur yang tersedia di bumi Indonesia, sehingga wajar saja setiap daerah mempunyai masakan khas yang menjadi andalannya.

Sudah sejak lama Indonesia dikenal sebagai penghasil utama rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan, bahkan termasuk yang terbesar di dunia. Sebut saja misalnya, cengkih, pala, kapulaga, lada, kayu manis, dan vanili ialah beberapa contoh rempah yang berasal dari tanah Indonesia. Rempah-rempah tersebut sampai sangat dikenal di luar negeri sehingga menjadi komoditas primadona ekspor. Rasa dan aroma rempah yang khas bisa membuat masakan menjadi lebih sedap.

Sebagai pelengkap untuk membuat masakan lebih sedap, masih tersedia bumbu lainnya, seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombai, kunyit, lengkuas, kencur, temulawak, kemiri, daun salam, daun jeruk dan masih banyak lagi yang lainnya. Tentu kita bangga, ternyata lengkap sekali bumbu masakan yang tersedia di bumi kita untuk membuat masakan jadi sedap. Oleh karenanya tak salah juga jika Indonesia dikenal sebagai surganya bagi yang hobi kulineran.

Lebih dari itu, beberapa jenis rempah atau bumbu masakan, tak hanya bikin nikmat masakan, namun juga masih mempunyai khasiat tersembunyi lainnya, misalnya untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh. Kali ini akan diulas dua diantaranya, yaitu kapulaga dan bawang bombai. 



Kapulaga

Kapulaga ini meskipun merupakan salah satu jenis rempah yang kurang popular, namun banyak juga digunakan untuk membuat bumbu masak, fungsinya adalah untuk menambah rasa dan aroma masakan. Selain itu, kapulaga juga masih mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Ini karena jenis rempah satu ini kaya akan serat dan berbagai vitamin, juga kandungan karbohidrat, natrium, kalium, zat besi, kalsium, magnesium. 




Berikut ini beberapa manfaat kapulaga bagi kesehatan tubuh :

1. Membantu proses pencernaan

Kapulaga diketahui bisa meningkatkan produksi air liur yang berguna untuk membantu proses pencernaan. Tak hanya itu, kandungan seratnya juga bisa mencegah terjadinya sembelit dan membersihkan usus. Rempah ini juga mengandung minyak atsiri yang diyakini bisa mencegah pembentukan gas.

2. Mengobati flu dan batuk

Mungkin banyak yang belum tahu jika kapulaga ternyata bisa menjadi obat alami untuk mengatasi flu, batuk, bronkitis, dan asma. Disamping itu juga bisa memberi efek menenangkan dan mengencerkan dahak, sehingga mampu mengurangi penyumbatan hidung dan tenggorokan.

3. Mencegah kanker

Anda perlu tahu, kapulaga adalah makanan anti karsinogen karena dapat membantu menghambat metabolisme sel-sel kanker di dalam tubuh. Kapulaga mengandung banyak fitokimia seperti IC3 (indol-3-karbinol) dan DIM (diindolilmetan) yang secara efektif dapat mencegah terjadinya kanker payudara, kanker prostat, dan kanker ovarium.

4. Menjaga kesehatan kulit dan rambut

Kapulaga mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan kulit seperti vitamin, antioksidan, dan minyak atsiri guna menghambat kerusakan akibat radikal bebas, memperlambat pembentukan keriput, dan mencegah penuaan dini.

Kapulaga juga membantu menguatkan akar rambut dengan cara menutrisi kulit kepala dan membuatnya tetap terhidrasi karena mengandung minyak atsiri. Kapulaga juga bisa membersihkan ketombe dan membuat rambut tampak berkilau.

5. Meningkatkan gairah seksual

Kapulaga mengandung borneol, kampor, dan eukaliptol yang bisa meningkatkan peredaran darah di dalam tubuh sehingga bermanfaat bagi penderita disfungsi ereksi dan kurangnya gairah seksual.

Itulah beberapa manfaat kapulaga selain untuk penyedap masakan, ternyata baik juga ya, untuk kesehatan tubuh. Nah, di mana Anda bisa mendapatkan produk kapulaga yang berkualitas? Tak perlu bingung, Anda bisa menghubungi supplier kapulaga PT. Karya Baru Indonesia sebagai distributor yang menjual berbagai hasil pertanian yang berkualitas. 



Bawang Bombai

Bawang bombai bukan hanya bisa membuat makanan semakin sedap, namun juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dilihat dari nilai gizinya, bawang bombai termasuk bahan makanan yang mengandung zat gizi yang padat, rendah kalori namun tinggi akan vitamin, mineral, dan senyawa antioksidan di dalamnya. 





Berikut ini beberapa manfaat bawang bombai bagi kesehatan tubuh :

1. Kesehatan jantung

Bawang bombay mengandung kalium yang memiliki efek penurun tekanan darah. Quercetin, salah satu jenis flavonoid dalam bawang bombay juga membantu kalium menjaga tekanan darah dan eningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

2. Mencegah terjadinya kanker

Bawang bombai masuk ke dalam kelompok sayuran allium. Sayuran allium ini memiliki keutamaan mencegah kanker terutama kanker perut dan kolorektal (usus besar) karena senyawa organosulfur di dalamnya yang sangat tinggi.

Bawang bombai juga merupakan sumber antioksidan dari vitamin C yang sangat kuat. Kondisi ini membuat bawang bombai memiliki kekuatan yang besar untuk menangkal radikal bebas yang memicu kanker.

3. Menjaga kekebalan tubuh

Bawang bombai mengandung Polifenol yang bisa bertindak sebagai antioksidan, melindungi tubuh dari radikal bebas. Berkurangnya tumpukan radikal bebas dalam tubuh dapat membantu mendorong sistem kekebalan tubuh menjadi semakin kuat.

4. Menjaga fungsi sistem pencernaan

Bawang bombai kaya akan serat sehingga membuat kerja sistem pencernaan berfungsi dengan baik. Bawang bombai juga mengandung jenis serat khusus, yakni serat larut yang disebut dengan oligofructose. Serat ini yang mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus. Oligofruktosa ini juga dibutuhkan untuk membantu mencegah dan mengobati diare.

5. Menjaga kadar gula darah


Kromium yang terdapat dalam bawang bombai memiliki peran membantu mengatur kadar gula darah. Sulfur dalam bawang bombai membantu menurunkan gula darah dan memicu peningkatan produksi insulin. Oleh karenanya, bawang bombai sangat berguna untuk penderita diabetes.

Itulah beberapa manfaat bawang bombai selain untuk penyedap masakan, ternyata baik juga baik untuk kesehatan tubuh. Nah, di mana Anda bisa mendapatkan produk bawang bombai yang berkualitas? Cukup mudah, Anda bisa menghubungi supplier bawang bombai PT. Karya Baru Indonesia sebagai distributor yang menjual berbagai hasil pertanian yang berkualitas.

Gunakan terus rempah-rempah dan bumbu masak khas Indonesia lainnya untuk kelezatan masakan Anda sekaligus untuk menjaga kesehatan. 




Tidak ada komentar