Bukan Sekedar Bumbu Masak, Ini Istimewanya Kapulaga bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh




Melihat sejarahnya, kita akan tahu jika rempah-rempah itu sudah sejak lama menjadi salah satu jenis komuditi yang menggiurkan banyak orang. Bukan saja bagi warga pribumi, namun juga sampai warga dari negara asing. Bahkan karena Indonesia dikenal sebagai negara yang termasuk penghasil rempah terbesar di dunia, tak dapat dielakkan lagi jika akhirnya menjadi incaran banyak bangsa lain. Dari sinilah titik awal lahirnya era penjajahan bangsa kita oleh bangsa lain.

Tak dapat disangkal karena manfaatnya yang sangat besar menjadikan rempah-rempah menarik bagi banyak orang. Sudah jamak orang memahami jika rempah-rempah itu identik dengan bumbu masakan. Dengan ragam jenisnya yang cukup banyak, memang rempah-rempah sudah lama dikenal orang sebagai bahan untuk membuat sebuah masakan menjadi nikmat. Tak terkecuali dengan kapulaga, jenis rempah ini banyak digunakan orang untuk membuat bumbu masak, fungsinya adalah untuk menambah rasa dan aroma masakan.

Namun ada sisi lain yang mungkin Anda belum mengetahui dari rempah kapulaga ini. Apa itu? Ternyata kapulaga merupakan jenis rempah yang cukup istimewa, karena selain banyak digunakan sebagai bumbu masak, rempah satu ini juga mempunyai banyak khasiat penting lainnya. Oleh karenanya tak heran jika kapulaga pada saat sekarang ini banyak diburu orang.

Meski demikian, bukanlah hal sulit untuk mendapatkan rempah kapulaga ini bagi Anda yang memerlukan. Untuk keperluan dalam jumlah yang besar ada saja supplier kapulaga yang siap memenuhi kebutuhan Anda. Selain itu kapulaga juga bisa dengan mudah Anda peroleh di toko-toko swalayan atau toko modern lainnya. Sedangkan di banyak pasar tradisional Anda bisa juga mendapati pedagang yang jual kapulaga untuk kebutuhan Anda.

Apa sebenarnya khasiat kapulaga selain sebagai bumbu masak? Kali ini akan diulas 2 khasiat lainnya dari rempah kapulaga yang cukup penting bagi Anda, yaitu manfaat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh.

Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan

Jenis rempah kapulaga diketahui mengandung banyak serat dan berbagai vitamin, juga kandungan zat lainnya, seperti karbohidrat, natrium, kalium, zat besi, kalsium serta magnesium. Kandungan zat tersebut sangat bagus untuk kesehatan tubuh, oleh karenanya sangat masuk akal jika kapulaga juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat kapulaga bagi kesehatan tubuh yang wajib Anda ketahui :

1. Mengurangi atau mencegah stres

Kapulaga memiliki sifat antidepresan sehingga baik sebagai obat herbal untuk mengurangi stres. Dengan mengonsumsi atau menghirup aroma kapulaga dipercaya dapat memberikan efek sedatif atau menenangkan, membuat mood membaik dan bisa mengurangi atau mencegah stres.

2. Melancarkan pencernaan dan kesehatan perut

Dengan kandungan serat yang tinggi, yaitu sebanyak 2 gr serat untuk setiap satu sendok, maka kapulaga merupakan jenis rempah yang sangat baik dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan dan membersihkan usus. Cocok bagi Anda yang memiliki masalah sembelit atau sulit buang air besar, karena kapulaga bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasinya.

Selain baik untuk pencernaan, kapulaga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan perut lainnya seperti mengontrol empedu dan asam lambung, mengatasi nyeri perut, mengatasi kejang usus, hingga memperbaiki nafsu makan. Rempah ini juga mengandung minyak atsiri yang diyakini bisa mencegah pembentukan gas.

3. Mengobati flu dan batuk

Kapulaga ternyata bisa menjadi obat alami untuk mengatasi flu, batuk, bronkitis, dan asma. Selain itu juga bisa memberi efek menenangkan dan mengencerkan dahak, sehingga mampu mengurangi penyumbatan hidung dan tenggorokan.

4. Mencegah kanker

Kapulaga adalah makanan anti karsinogen karena dapat membantu menghambat metabolisme sel-sel kanker di dalam tubuh. Kapulaga secara efektif dapat mencegah terjadinya kanker payudara, kanker prostat, dan kanker ovarium karena mengandung banyak fitokimia seperti IC3 (indol-3-karbinol) dan DIM (diindolilmetan).

5. Mencegah infeksi

Kapulaga memiliki sifat antimikroba, sehingga mampu menjaga tubuh dari berbagai penyakit infeksi yang disebabkan oleh berbagai jenis bakteri, virus, atau jamur. Tak salah jika kapulaga merupakan salah satu jenis obat herbal yang bagus untuk meningkatkan imunitas tubuh.

6. Menjaga kesehatan tulang

Kapulaga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang karena mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan tulang, antara lain vitamin C dan mangan. Kepadatan tulang yang terjaga akan menghindarkan Anda dari penyakit osteoporosis.

7. Menjaga kesehatan ginjal dan saluran kencing

Manfaat ini mungkin yang banyak orang belum mengetahui, ternyata kapulaga ampuh untuk menyembuhkan masalah buang air kecil dan mencegah infeksi saluran kemih (sistitis). Selain itu, kapulaga memiliki sifat diuretik yang berguna untuk menjaga kesehatan ginjal atau peradangan pada ginjal (nefritis).

8. Menjaga kesehatan mulut dan tenggotokan

Dengan sifat antiinflamasinya, kapulaga bisa meredakan gejala gangguan mulut, seperti sariawan hingga radang tenggorokan. Kapulaga juga diyakini ampuh untuk menghilangkan napas tidak sedap dan menjadikan napas lebih segar.

Manfaat Kapulaga untuk Kecantikan

Kapulaga mengandung antibakteri dan antioksidan yang bermanfaat untuk perawatan kulit dan mengobati alergi pada kulit serta memperbaiki atau membersihkan kulit. Kapulaga juga memberikan berkontribusi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan perawatan kulit kepala serta manfaat lainnya.

Berikut manfaat kapulaga untuk perawatan kulit :

1. Mencerahkan kulit wajah

Kapulaga dapat membantu mencerahkan atau memutihkan kulit wajah secara alami,, juga minyaknya dapat mengurangi bekas jerawat. Oleh karenanya, Anda dapat membeli produk kecantikan yang mengandung kapulaga atau membuat bubuk kapulaga untuk dijadikan masker setelah dicampur madu.

2. Menghilangkan noda

Minyak essensi kapulaga memiliki khasiat untuk kecantikan kulit wajah yaitu bisa menghilangkan noda atau bintik hitam pada kulit wajah. Anda dapat menggunakan minyak essensi kapulaga sebagai pelembab wajah alami. Dengan menggunakannya secara teratur, maka bukan hanya kelembaban kulit wajah yang akan terjadi, namun kulit wajah pun akan menjadi lebih cerah.

3. Mengobati alergi kulit

Kapulaga khususnya jenis yang hitam, memiliki sifat antibakteri yang tinggi. Bisa digunakan untuk mengobati alergi pada kulit, dengan cara mencampurkan bubuk kapulaga dan madu untuk dibuat masker, kemudian oleskan ke bagian wajah yang terkena alergi.

4. Memberikan aroma harum

Kapulaga sering digunakan sebagai bahan campuran dalam kosmetik untuk memberikan aroma harum. Karena aroma pedasnya yang khas dan manis, baik kapulaga dan minyaknya digunakan dalam parfum, sabun, produk pencuci tubuh, bubuk, dan kosmetik lainnya.

5. Penangkal bau tidak sedap

Mempunyai aroma yang kuat, maka kapulaga dapat menangkal bau yang tidak sedap. Kelebihannya ini membuat kapulaga sering digunakan sebagai bahan tambahan yang bagus untuk produk kosmetik, seperti toner yang berfungsi dalam melindungi kulit.

6. Perawatan dan kesehatan bibir

Minyak kapulaga dapat digunakan sebagai lip balm untuk memberikan rasa minyak dan membuat bibir halus. Caranya dengan mengoleskan minyak kapulaga ke bibir sebelum tidur dan bilas di pagi hari.

7. Membersihkan kulit

Kapulaga utamanya dari varietas hitam bisa membantu mengeluarkan toxins yang dapat merusak wajah. Caranya dengan mengunyah kapulaga, maka akan membantu detoksifikasi sehingga kulit menjadi lebih bersih.

Berikut manfaat kapulaga untuk kesehatan rambut, diantaranya :

1. Memelihara kulit kepala

Sifat antioksidan dari kapulaga, utamanya jenis hitam, dapat menyehatkan kulit kepala, melihara folikel rambut dan meningkatkan kekuatan helai rambut. Anda dapat mencuci rambut dengan air kapulaga untuk mencapai hasil yang diinginkan. Sedangkan sifat antibakteri dari jenis rempah ini mampu mengobati infeksi kulit kepala.

2. Meningkatkan kesehatan rambut

Kulit kepala yang sehat akan membuat rambut kuat dan lebih bersinar. Kapulaga dapat memperkuat akar rambut Anda dan menawarkan kilau rambut yang Anda inginkan. Untuk mencapainya Anda perlu mengonsumsi dan menggunakannya secara teratur.

3. Mencegah rambut rontok

Minyak kapulaga dapat menjaga kesehatan kulit kepala, mencegah kerontokan rambut dan juga membersihkan ketombe sehingga membuat rambut tampak berkilau.

Berikut manfaat kapulaga lainnya, diantaranya :

1. Menghilangkan lemak

Kapulaga sangat baik untuk program diet, dimana mengonsumsi buah ini dapat membantu melunturkan lemak di daerah perut.

2. Mencegah penuaan dini

Kapulaga mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan kulit seperti vitamin, antioksidan, dan minyak atsiri. Oleh karenanya kapulaga dapat mencegah salah satu tanda penuaan dini, yakni keriput ataupun garis halus di wajah. Menggunakan minyak essensi kapulaga juga dapat menjaga elastisitas atau kekencangan kulit.

Nah, itulah istimewanya jenis rempah kapulaga. Ternyata banyak manfaatnya bukan semata-mata hanya untuk bumbu masak saja. Bagaimana, Anda tertarik memanfaatkan kapulaga untuk berbagai kebutuhan Anda? Ini yang bisa Anda hubungi untuk kebutuhan kapulaga yang terpercaya, yakni PT. Karya Baru Indonesia, Phone Call & WhatsApp : 0858 1166 1188,  Email : info@karyabaruindonesia.com, Website : https://karyabaruindonesia.com. 




1 komentar