Tips Hidup Hemat Ala Generasi Milenial




Tidak sedikit kalangan milenial yang merasa sulit untuk hidup hemat. Karena itulah kemudian banyak yang membaca tips tidak boros agar bisa segera terbebas dari perilaku pemborosan yang kurang baik ini.

Bagaimana cara tepat agar kaum milenial bisa hidup hemat? Mari ikuti beberapa tips berikut ini.

1. Kenali Kebutuhan dan Keinginan 

 
Pertama, harus tahu perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan adalah hal yang harus dipenuhi. Untuk pemenuhannya pun bisa dibedakan yaitu harus dilakukan sekarang, nanti, atau bisa ditunda. Sedangkan keinginan jelas bisa ditunda.

Contoh kebutuhan adalah misalnya makanan. Jika kita tidak makan, maka akan membahayakan diri kita. Oleh karena itu kebutuhan ini harus dipenuhi segera.

Kemudian mengenai jenis makanan apa yang ingin kita konsumsi, hal ini bisa berubah ke kategori keinginan. Contohnya kalau kita ingin makan di resto mahal, jelas itu bukan lagi kebutuhan melainkan keinginan. Kalau kita ingin hidup hemat, kita bisa konsumsi makanan yang sederhana. Yang terpenting makanan tersebut memenuhi nutrisi yang kita butuhkan setiap harinya.

2. Ketahui Prioritas Kebutuhan

Setelah tahu perbedaan antara kebutuhan dan keinginan, berikutnya adalah mencari tahu apa saja prioritas kebutuhan kita.

Kalau bagi kaum muda yang belum berumah tangga, kebutuhan itu mungkin tidak banyak, misalnya berupa makan, alat cuci, alat mandi, pulsa, dan sejenisnya. Semua itu berupa kebutuhan yang memang penting dipenuhi.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kita bisa memilih produk yang hemat. Sebagai contoh kalau ingin pulsa atau kuota murah, bisa simak info di sini. Provider tersebut terkenal menawarkan kuota unlimited dengan harga hemat.

3. Laksanakan

Setelah kita tahu apa saja produk yang tepat untuk dibeli, barulah kita mengeksekusi rencana tersebut. Pada prinsipnya, praktik ini kurang lebih sama dengan perencanan belanja, namun dengan pola yang lebih simpel.

Bagi milenial bisa juga untuk memanfaatkan beragam aplikasi untuk perencanan belanja di internet. Dengan aplikasi tersebut diharapkan bisa memudahkan kita untuk menyusun perencanaan dengan lebih baik.

Jika selama ini Anda merasa harga internet yang dipakai terlalu mahal, cobalah beralih ke provider Smartfren. Provider ini menawarkan banyak layanan internet dengan harga super irit.




Tidak ada komentar