Info Emporio Architect tentang 5 Tips Fasilitas Rumah Kos Modern





Bisnis rumah kos termasuk bisnis properti yang menjanjikan. Penghasilan dari sewa kos bisa menjadi penghasilan pasif Anda. Selain desain rumah mewah dan unik, Emporio Architect juga memiliki beberapa desain kos yang elegan. Jasa arsitek rumah ini dapat mewujudkan bisnis rumah kos yang Anda idamkan.

Terdapat beberapa macam tipe rumah kos. Pertama adalah kos dalam satu rumah yang terdiri dari beberapa kamar. Kos ini biasanya memiliki koridor dengan masing-masing pintu berhadapan satu sama lain. Kedua, kos dengan satu lantai atau lebih dengan kamar yang berjajar dan menghadap ke halaman terbuka. 


Membangun Kos Modern

Saat ini, kos modern dan eksklusif diminati oleh banyak orang, terutama bagi yang menginginkan kenyamanan dan ingin merasakan layaknya rumah sendiri. Berikut adalah beberapa ide desain kos modern dari Emporio Architect yang dapat Anda terapkan jika ingin membangun kos : 

1. Kos dengan Mezzanine

Mezzanine dapat dipahami sebagai lantai tambahan pada sebuah ruangan sehingga terkesan menghadirkan dua ruangan. Konsep ini membuat ruangan jadi tampak lebih luas karena menambah jumlah lantai di atas dekat dengan langit-langit.

Mezzanine pada kamar kos akan memberikan kesan yang luas dengan fasilitas yang lebih lengkap di setiap kamar. Lantai bagian bawah dapat digunakan sebagai dapur mini, meja belajar atau kerja, dan juga ruang bersantai. Bagian atas dapat digunakan untuk tempat tidur dan kamar mandi.

Anda dapat membangun mezzanine di kamar dengan luas 3,5 x 6,5 meter. Di dalamnya sudah termasuk kamar mandi dengan ukuran 1 x 2,5 meter dan balkon dengan luas 2,6 x 1,2 meter untuk menambah kesan luas serta pencahayaan alami pada kamar. 

2. Pantry Bersama

Salah satu daya tarik dari rumah kos modern dan eksklusif adalah fasilitas pantry atau dapur bersama. Terutama apabila rumah kos tersebut juga menyediakan tempat duduk bersama.

Dapur bersama sebaiknya disesuaikan dengan jumlah penghuni kos tersebut. Anda dapat meletakkan fasilitas pantry di setiap lantai apabila rumah kos Anda lebih dari satu lantai. Anda dapat menempatkan pantry dan meja makan bersama di dekat tangga atau ujung koridor. 

3. Rumah Kos Sehat dengan Pencahayaan Alami

Kesehatan rumah kos tentu harus terjaga dengan baik. Diskusikan hal ini dengan arsitek agar setiap ruangan dan kamar mendapat pencahayaan yang baik. Anda dapat berkonsultasi secara daring dengan para arsitek di jasa arsitek rumah berpengalaman seperti Emporio Architect untuk mendapat rumah yang sehat. Pastikan setiap kamar memiliki jendela untuk sirkulasi udara yang baik. 

4. Desain Minimalis dan Fungsional 

 
Kamar kos memiliki ruangan yang terbatas untuk beberapa fasilitas kamar. Oleh karena itu, pilihlah desain dan furniture yang minimalis dan fungsional. Desain yang fungsional akan memberikan dua atau lebih fungsi pada satu furniture.

Sebagai contoh, Anda dapat memasang meja di dinding dan dapat digunakan sebagai lemari penyimpanan. Pilihlah desain rak minimalis di dinding sehingga memuat banyak barang. 

5. Menyediakan Ruang Parkir

Salah satu pertimbangan seseorang dalam memilih kos adalah ruang parkir. Anda dapat menambahkan ruang parkir pada lantai dasar dan kamar kos pada lantai di atasnya. Pastikan ruang parkir memuat sebagian besar kendaraan penghuni kos.

Namun, apabila Anda memiliki luas tanah yang tidak cukup luas untuk tempat parkir seluruh penghuni kos, Anda dapat membangun kos dekat dengan pusat perkantoran.

Emporio Architect menyediakan Jasa Arsitek Rumah yang dapat melayani konsultasi secara daring. Hal ini tentu lebih aman di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai sampai sekarang ini. Desain rumah kos yang baik dan sehat akan mempengaruhi calon penyewa untuk menempati kos tersebut. 




Tidak ada komentar