Tips dan Cara Memilih Oli Mobil yang Sesuai




Jika Anda memiliki mobil, maka Anda juga harus bisa merawat mobil tersebut dengan baik. Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah pemilihan oli yang sesuai. Ada berbagai jenis oli terbaik dari idemitsu yang bisa Anda pilih di https://ilti.idemitsu.com/product-category/oli-mesin-mobil/. Sayangnya karena terlalu banyak jenisnya terkadang membuat Anda bingung harus memilih yang mana. 

Cara Memilih Oli Mesin yang sesuai dan Tepat

Sebenarnya, banyaknya pilihan oli karena kebutuhan setiap mesin kendaraan bisa berbeda dan produsen oli seperti Idemitsu berusaha memenuhi kebutuhan tersebut. Agar Anda tidak bingung menentukannya, Anda perlu mengetahui tips dan cara untuk memilih oli mesin mobil yang tepat, yaitu : 

1. Mengetahui Karakter Mesin Mobil Anda

Jika Anda bingung memilih oli yang tepat untuk mobil kesayangan Anda, Anda perlu melihat manual book yang Anda dapatkan saat membeli mobil. Pada buku tersebut, Anda dapat mengetahui mengenai spesifikasi mesin mobil secara jelas dan detail.

Biasanya, dijelaskan juga mengenai jenis oli yang tepat untuk mesin mobil Anda. Anda harus lebih mengutamakan kecocokan dan kualitas oli tersebut dengan mesin. 

2. Kekentalan Cairan Oli

Tingkat kekentalan oli ditunjukkan pada nomor SAE atau Society of Automotive Engineer. Ketika angka yang ada di belakang kode tersebut semakin besar artinya konsentrasi oli semakin kental. Memilih oli dengan tingkat kekentalan yang sesuai akan sangat berpengaruh pada performa mesin. Ketika oli yang dipilih terlalu kental, maka mesin akan terasa lebih berat karena oli tidak mampu masuk ke celah mesin sehingga tidak bisa melumasi secara sempurna. Sementara oli yang terlalu cair akan terlalu mudah turun dan tidak bisa mengisi ruang kosong antara mesin sehingga proses pelumasan tidak berjalan sempurna juga. 

3. Jangan Mudah Percaya dengan Oli Murah

Saat ini banyak oli palsu yang dijual di pasaran. Umumnya, oli tersebut dijual dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan harga umum. Anda harus menjadi konsumen yang cerdas dan bisa membedakan antara oli palsu dan oli asli.

Oli palsu memiliki warna yang cenderung lebih pekat dan hitam. Selain itu, saat Anda memegangnya dengan kedua jari akan terasa lebih kasar dan berbau tengik.

4. Mengetahui Bahan Pembuatan Oli

Terdapat dua jenis oli berdasarkan bahan pembuatnya, yaitu oli mineral dan oli sintetis. Oli mineral adalah oli yang dihasilkan dari hasil ekstraksi minyak bumi. Sementara itu, oli sintetis dibuat dari bahan kimia yang memiliki sifat aditif. Pemilihan oli tersebut tentu harus disesuaikan dengan spesifikasi mesin mobil Anda.

Pemilihan oli mobil bukanlah hal yang sepele. Ketika Anda ganti oli mobil, Anda harus bisa menyesuaikan oli dengan kebutuhan mesin mobil agar tetap awet. Jika Anda tidak terlalu paham dengan mesin mobil dan oli, Anda bisa mencari info melalui internet dan bertanya pada orang yang mengerti otomotif. 




 

Tidak ada komentar