Langkah Bijak Bagi Para Ibu yang Melahirkan Bayi Prematur

 
Para ibu pastinya sudah memahami, bahkan pernah menyaksikan kerabat atau teman yang melahirkan bayinya secara prematur. Berbeda dengan bayi yang lahir normal, bayi prematur tentunya memerlukan perawatan dan perhatian khusus dari sang ibu. Tak salah jika Anda memanfaatkan produk khusus untuk keperluan perawatan bayi tersebut, misalnya Kuntoem Produk Harian Bayi dan Anak menjadi pilihan Anda. 
 
 

 


Sudah barang tentu, melahirkan bayi dalam kondisi prematur tak dikehendaki oleh setiap ibu yang dengan setia menunggu kehadiran buah hati yang dikandungnya. Bayi prematur atau lahir belum genap berusia sembilan bulan di dalam kandungan bisa jadi kondisinya belum cukup normal, misalnya saja belum memiliki daya tahan tubuh yang cukup kuat atau fungsi organ yang belum berjalan dengan baik.

Oleh karena itu diperlukan sedikit kesabaran bagi para ibu yang kebetulan mengalami kelahiran bayi secara prematur, mungkin kebahagiaan Anda harus ditunda dulu. Dengan kondisi bayi Anda yang belum cukup normal, tak menutup kemungkinan Anda tak bisa segera pulang meninggalkan rumah sakit karena ada beberapa perawatan bagi bayi yang harus dilakukan di rumah sakit.

Langkah Bijak Merawat Bayi Prematur

Demi kebaikan si kecil yang lahir prematur, tentu tak keberatan jika Anda harus berkorban lebih banyak. Misalnya dari segi waktu, Anda akan lebih disibukkan dengan urusan perawatan bayi atau dari segi biaya harus lebih banyak mengeluarkan uang untuk pemeriksaan, perawatan dan sebagainya. Bagaimanapun kesehatan buah hati Anda menjadi yang utama, apalagi bagi bayi yang lahir prematur tentunya perlu langkah-langkah yang bijak.

Lantas, langkah apa saja yang bisa para ibu lakukan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan kesehatan bayi prematur? Berikut uraiannya, silakan disimak!

1. Menjalankan metode perawatan Kangguru.

Memperhatikan cara Kangguru merawat anaknya agaknya memberikan inspirasi kita dalam merawat bayi prematur. Seakan menirukan Kangguru, maka dalam metode perawatan ini sang ibu menggendong bayi dengan memasukkan ke dalam baju atau dengan bantuan kain gendongan.

Dengan cara demikian maka kulit bayi bisa bersentuhan langsung dengan kulit ibu sehingga membuat suhu tubuh bayi tetap hangat dan bayi bisa tidur nyenyak. Manfaat lainnya, membuat bayi lebih tenang, tidak sering menangis, meningkatkan produksi ASI si ibu dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Juga bisa meningkatkan ikatan emosional antara bayi dan ibunya, karena bayi akan merasakan langsung aroma tubuh, irama nafas, dan detak jantung ibu.

2. Menjaga posisi tidur bayi.

Penting ibu ketahui bahwa risiko sindrom kematian mendadak lebih banyak terjadi pada bayi prematur. Untuk mengurangi risiko tersebut, maka Anda harus memastikan tidur bayi dalam posisi terlentang. Yang tak kalah pentingya, Anda juga perlu memastikan bayi bisa tidur dengan nyaman dan tenang. Untuk itu, Anda bisa menggunakan lotion dari Kuntoem Comforting Cotton Lotion yang memberikan efek menenangkan, karena di dalamnya mengandung bahan dasar alami.

3. Memberi ASI yang cukup.

Seperti bayi pada umumnya, ASI adalah asupan terbaik untuk bayi prematur. ASI bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan bayi dan meningkatkan antibodi dalam tubuh untuk melindungi dari infeksi atau virus. Bayi prematur harus diberikan ASI yang cukup untuk menghindari dehidrasi, caranya dengan menyusui bayi sebanyak 8 sampai 10 kali dalam sehari dan rentang waktu tak lebih dari 4 jam.

4. Memberi imunisasi secara rutin.

Memberi imunisasi secara rutin adalah salah satu cara untuk melindungi bayi prematur dari serangan infeksi atau penyakit. Tak berbeda dengan bayi pada umumnya, maka imunisasi perlu diberikan sesuai jadwal atau umur bayi. Untuk lebih aman, Anda bisa konsultasikan dengan dokter.

5. Membatasi kontak bayi.

Mengingat kondisinya, tentu bayi prematur cukup rentan terkena penyakit. Untuk mencegahnya, maka sudah seharusnya jika para ibu membatasi kontak bayi dengan orang lain. Misalnya, batasi orang yang ingin menjenguknya, hindari agar tidak dipegang atau digendong orang lain dan yang lebih penting lagi jauhkan dari orang yang sakit atau membawa bayi ke tempat umum.

Itulah beberapa langkah bijak untuk perawatan bayi prematur yang penting untuk diketahui, khususnya bagi para ibu. Perlu disadari, merawat bayi prematur bukanlah perkara mudah, perlu tenaga bahkan biaya ekstra serta langkah yang tepat untuk hasil terbaik bagi perkembangan bayi. Salah satu solusinya, gunakan Kuntoem Produk Harian Bayi dan Anak untuk perawatan bayi Anda. Semoga bayi Anda selalu sehat bersama kuntoem! 
 
 
 
 

Tidak ada komentar