Menggunakan Biosolar B30 untuk FM 65 FS

 

 


 

B30 adalah jenis biosolar yang dikembangkan untuk kendaraan-kendaraan bermotor roda empat seperti medium duty truck (MDT) dan heavy duty truck (HDT). Truk common rail fuso merupakan salah satu jenis truk MDT keluaran Mitsubishi yang dapat menggunakan biosolar B30.

Truk dengan teknologi common rail sendiri merupakan truk yang lebih hemat bahan bakar karena penggunaan bahan bakarnya dapat disesuaikan dengan kecepatan mesin dan berat beban truk.

Tidak hanya hemat bahan bakar, truk berteknologi common rail ini sangat ramah lingkungan karena memiliki tingkat emisi yang rendah dan memiliki suara mesin yang tidak begitu bising.

 

 

 Memodifikasi truk FM 65 FS dengan Biosolar B30 

Dikutip dari Jawa Pos, agar truk FM 65 FS ini bisa menggunakan bahan bakar biosolar 30 dengan baik, maka diperlukan komponen tambahan, yaitu sebuah saringan bahan bakar. Biasanya, jumlah saringan yang dibutuhkan untuk bahan bakar pada truk ini berjumlah tiga saringan.

Agar tidak terjadi aus pada saringan, maka saringan yang digunakan perlu dilakukan penggantian secara rutin. Untuk common rail yang masih baru, biasanya penggantian saringan perlu dilakukan setelah menempuh jarak 7.500-15.000 KM. Selanjutnya, saringan dapat diganti dengan jarak tempuh seperti truk pada umumnya.

Nah, jika ingin memodifikasi truk Mitsubishi dengan biosolar 30 haruslah dilakukan sesuai dengan anjuran. Jangan sampai berinisiatif memodifikasi dengan cara lain karena truk dengan teknologi common rail ini lebih sensitif dibanding dengan truk seri Fuso lainnya. Jika salah dalam memodifikasi, maka mesin diesel bisa rusak dengan cepat.

Saat mememodifikasinya dianjurkan ditangani langsung oleh bengkel-bengkel resmi Mitsubishi. Memodifikasi di sembarang bengkel apalagi menanganinya sendiri dapat mengakibatkan kerusakan fatal pada mesin truk.

Untuk biaya yang diperlukan untuk memodifikasi truk tersebut menurut Head of Strategy and Planning Department dari PT KTB FUSO adalah sekitar 1,5 juta hingga 2 juta rupiah. Untuk truk jenis MDT, biaya modifikasi tersebut tentu tidak terlalu besar mengingat truknya dibekali dengan mesin yang bagus. 

 

 

Mengapa Menggunakan Biosolar 30 pada truk FM 65 FS? 

B30 sendiri merupakan campuran dari solar dan FAME atau fatty acid methyl ester yang didapatkan dari minyak kelapa sawit. Perbandingannya sendiri solar 70% dan 30 % FAME. Harga dari B30 ini biasanya lebih murah dibanding Dexlite maupun Pertamina Dex.

Common rail Mitsubishi yang hemat bahan bakar apabila dimodifikasi dengan asupan B30, maka biaya bahan bakar yang diperlukan oleh truk ini tentu semakin sedikit. Anda jadi bisa benar-benar menghemat biaya operasional.

Tidak hanya akan lebih hemat biaya bahan bakar, perpaduan antara Mitsubishi common rail dengan biosolar 30 akan membuat emisi yang dikeluarkan semakin sedikit. B30 sendiri diklaim lebih ramah lingkungan dibandingkan solar biasa.

Di zaman sekarang, harga BBM fosil memang semakin meningkat karena keberadaannya semakin menipis dan kadar polusi pada udara yang semakin bertambah. Dengan begitu, kolaborasi antara Fighter FM 65 FS dengan biosolar 30 merupakan perpaduan yang sempurna.




Tidak ada komentar