5 Tips Jitu Mengelola Keuangan Selama Masa Pandemi

 



Indonesia sudah dipastikan mengalami resesi memasuki minggu terakhir bulan September 2020 ini. Hal ini sebagai dampak perekonomian negara yang mengalami penurunan signifikan akibat pandemi Covid-19 sejak setengah tahun terakhir.

Tak hanya Indonesia, banyak negara lain sudah mengalami masalah ekonomi sejak pandemi Covid-19 ini melanda berbagai belahan dunia. Tidak ada perkiraan kapan pandemi berakhir dan era baru bisa kembali pulih. Untuk itu Anda wajib mengelola keuangan selama pandemi, misalnya dengan menabung, investasi atau asuransi terbaik.

Cara Mengelola Keuangan Bulanan yang Aman

Anda wajib bersyukur jika bisa bertahan di tengah keterpurukan ekonomi Indonesia. Sebaiknya mulai kurangi keinginan konsumtif agar Anda bisa mengantisipasi segala risiko terburuk. Berikut cara mengelola keuangan bulanan selama masa pandemi yang bisa Anda praktekkan, yaitu :

1. Evaluasi sumber penghasilan

Jika Anda masih aman dengan gaji bulanan, mulai atur pengeluaran sebaik mungkin. Pos dana darurat wajib Anda perhatikan dengan baik, ya! Sebaiknya kurangi pengeluaran untuk pos hiburan atau traveling. Selama pandemi corona yang tidak menentu, risiko PHK bisa saja terjadi. Sebaiknya Anda memiliki dana cadangan yang bisa digunakan pada masa darurat.

2. Hindari pemakaian kartu kredit

Kalau bisa membeli barang dengan uang tunai, kenapa Anda harus pakai cicilan? Tunda dulu keinginan membeli produk konsumtif yang tidak Anda butuhkan pada masa pandemi. Lebih baik Anda gunakan dana untuk kebutuhan pokok yang lebih penting seperti sembako, asuransi dan dana kesehatan, investasi yang aman, dan lain-lain.

3. Mencari penghasilan tambahan

Meskipun keuangan Anda masih dalam kondisi aman, namun tetap cari informasi penghasilan tambahan yang bisa menyokong masa depan. Fenomena pandemi bisa membuat perkembangan ekonomi tidak menentu. Anda tidak bisa berleha-leha dalam kondisi kritis ini. Cari peluang penghasilan sampingan yang bisa memberikan tambahan uang untuk kebutuhan primer.

Peluang bisnis selama pandemi cukup potensial seperti kurir makanan, pesan antar paket sembako dan alat kesehatan, jual produk masker atau suplemen kesehatan, dan masih banyak potensi lain. Setidaknya Anda bisa mendapatkan penghasilan yang berguna untuk menunjang kebutuhan selama pandemi.

4. Menyisihkan uang untuk investasi

Keputusan Anda untuk memperketat anggaran pembelian barang tidak dibutuhkan sangat tepat. Anda wajib menyisihkan uang untuk keperluan investasi jangka panjang. Jika Anda khawatir dengan investasi saham ditengah pandemi, pilih investasi yang paling aman seperti emas. Emas mengalami nilai fluktuatif yang lambat, namun menjadi solusi paling mudah saat Anda butuh dana tunai cepat.

5. Pertimbangkan asuransi

Asuransi bisa mengcover kejadian diluar dugaan seperti fenomena Covid-19. Anda wajib memiliki asuransi kesehatan yang bisa digunakan sewaktu-waktu, ya! Tak hanya kesehatan saja, tidak ada salahnya memiliki produk yang lain seperti mengasuransikan kendaraan Anda. Jangan sampai pengeluaran membengkak tanpa pelindung asuransi saat krisis keuangan pandemi melanda, misalnya mobil Anda mengalami kecelakaan dan perlu perbaikan di bengkel.

Beli Asuransi Terpercaya di Lifepal

Selama pandemi melanda dunia beberapa waktu terakhir, Anda pastinya bisa mengambil hikmah pentingnya pengelolaan keuangan. Mungkin kemarin Anda terlalu fokus pada kebutuhan yang bersifat memenuhi gaya hidup semata. Kini saatnya Anda memahami pentingnya untuk memiliki tabungan, investasi atau asuransi.

Asuransi kesehatan bisa mengcover biaya yang tidak terduga selama diperlukan. Anda bisa mencari informasi terkait perlindungan keuangan yang sesuai kebutuhan di Lifepal. Terdapat berbagai pilihan perusahaan asuransi yang menawarkan produk macam-macam. Tinggal lakukan riset dan pilih produk yang sesuai kebutuhan, misalnya asurasi kesehatan atau asuransi mobil pribadi.

Di Lifepal, Anda bisa memilih asuransi mana yang paling pas sesuai dengan kemampuan finansial. Misalnya karena keterbatasan dana bulanan, Anda bisa membatasi premi setidaknya 10-20 persen dari penghasilan. Toh, Lifepal menyediakan pilihan produk mulai puluhan ribu per bulan untuk mengcover aset Anda saat sakit atau kondisi darurat.

Yuk, pertimbangkan pengelolaan keuangan agar Anda bisa memiliki asuransi yang bisa menjadi pelindung pada masa pandemi ini!




Tidak ada komentar