5 Tips Melakukan Perjalanan Wisata ke Jogja Lebih Hemat

 




Siapa tak kenal Jogja? Kota yang mempunyai banyak julukan ini, diantaranya dikenal sebagai kota budaya, kota pendidikan, kota perjuangan dan tentunya sebagai kota wisata, pastinya sudah tak asing lagi bagi banyak orang. Sebagai kota wisata, Jogja dan daerah sekitarnya memiliki banyak destinasi wisata menarik yang menjadi incaran para wisatawan. Oleh karenanya, tak heran jika sudah sejak lama daerah ini menjadi tujuan utama bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Nah, apakah kamu sudah pernah ke Jogja? Jika belum, sayang lho karena wisata Jogja sangat khas dan tak ada duanya sehingga wajib bagi kamu melihatnya. Jangan sampai kamu kalah dengan orang asing yang setiap tahun berbondong-bondong menikmati indahnya Jogja. Selain wisata alamnya yang indah dari wisata pantai hingga pegunungan, Jogja juga memiliki daya tarik wisata budaya dan sejarah, wisata belanja, wisata unik di banyak tempat dan tak ketinggalan wisata kulinernya yang cukup menggoda lidah.

Namun, meski banyak destinasi wisata yang perlu dikunjungi di Jogja, kamu tak perlu khawatir karena banyak jenis transportasi tersedia di sana. Kamu bisa memilih sesuai keinginan, ada bis kota, bis trans jogja, taksi, transportasi online bahkan ojek dan yang lainnya. Selain itu, kamu juga bisa memilih jasa Sewa Hiace Jogja yang bisa menyediakan mobil yang nyaman untuk perjalanan wisata, apalagi kalau kamu bersama rombongan.

Dengan berbagai kelebihannya, nampaknya sewa mobil untuk menikmati Jogja belakangan ini menjadi pilihan banyak orang. Selain lebih praktis, harga sewa yang relatif murah juga menjadi pertimbangan tersendiri sehingga bisa menikmati wisata Jogja lebih seru, nyaman dan hemat. Untuk itu tak ada salahnya kalau kamu bersama rombongan menjatuhkan pilihan pada Rental Hiace Jogja untuk perjalanan wisata kamu kali ini. 
 
 
 

 


Lantas, bagaimana cara melakukan perjalanan wisata ke Jogja yang lebih hemat? Berikut ini setidaknya 5 hal yang bisa kamu lakukan, simak uraiannya!

1. Menghindari saat musim liburan.

Saat liburan khususnya saat libur sekolah, Jogja menjadi tujuan utama wisatawan domestik utamanya bagi para pelajar sekolah dari berbagai penjuru daerah. Biasanya mereka datang secara berombongan satu sekolah, sehingga sangat padat kondisi saat itu. Pastinya keadaan ini, selain macet juga membuat wisata tidak nyaman dan kebutuhan wisata seperti penginapan akan lebih mahal.

Untuk itu bagi kamu yang ingin lebih nyaman dan hemat menikmati wisata Jogja, pilihlah berlibur di hari kerja, bukan saat liburan. Selain menghindari wisatawan yang membludak, cara ini juga bisa menekan pengeluaran untuk berbagai kebutuhan wisata, seperti penginapan, makanan, oleh-oleh atau cindera mata dan sebagainya.

2. Memilih penginapan yang murah.

Soal fasilitas penginapan di Jogja kamu tak perlu bingung memikirkan, karena banyak yang bisa dipilih mulai dari penginapan yang sederhana seperti losmen sampai hotel berbintang tersedia. Untuk wisata yang hemat pastinya kamu bisa memilih penginapan yang murah. Namun meski murah jangan khawatir soal kualitas dan fasilitasnya asal kamu pandai memilihnya.

Untuk itu, sebagai tips memilih penginapan yang murah namun berkualitas di Jogja adalah hindari menginap di sekitar pusat-pusat wisata, seperti kawasan Malioboro. Lebih baik kamu memilih penginapan di luar kawasan tersebut, toh akses transportasi sekarang sangat mudah sehingga hal itu tidak jadi masalah. Sedangkan kalau kamu bersama rombongan, lebih baik menyewa satu rumah (guest house) untuk ditempati bersama, misalnya 10 orang atau lebih tentunya akan memangkas biaya penginapan. Rajin-rajinlah browsing ke penginapan murah untuk mendapatkan penginapan sesuai keinginanmu.

3. Memilih tempat makan yang murah.

Wisata kuliner memang menjadi salah satu pilihan wisata yang menarik ketika kamu berkunjung ke Jogja. Namun, seperti sudah menjadi hal yang lumrah jika tempat wisata kuliner yang sudah terkenal biasanya akan memasang harga yang tinggi. Untuk itu, agar bisa lebih hemat kamu harus bisa mengatur saat wisata kuliner tersebut.

Untuk sekedar mengisi perut, kamu bisa lebih banyak memilih kuliner biasa atau makanan kebanyakan orang setempat, seperti bakso, soto, mie ayam atau jenis makanan lokal lainnya. Cara lain untuk lebih hemat soal makanan, kamu bisa memilih tempat makan di sekitar kampus yang biasanya lebih murah karena sesuai dengan kantong mahasiswa. Sebagai kota pelajar, kamu tak akan sulit untuk menemukan tempat makan yang murah ini.

4. Memilih transportasi yang murah.

Tak terhitung jumlah tempat wisata yang ada di wilayah Jogja dan sekitarnya yang bisa kamu kunjungi. Namun pastinya tempatnya menyebar, tak sedikit tempat wisata yang letaknya di pinggiran dan belum terjangkau oleh angkutan umum. Oleh karena itu untuk menyiasatinya, kamu bisa dengan cara menyewa kendaraan.

Jika kamu datang bersama rombongan, maka pilihannya dengan cara menyewa mobil. Atau bisa juga menyewa motor untuk transportasi bagi kamu yang ingin berkeliling di sekitaran Jogja sendirian atau berdua. Banyak jasa sewa mobil atau motor di Jogja yang bisa kamu pilih dengan tarif yang hemat.

Untuk sekedar menikmati wisata di dalam kota, maka fasilitas transportasi umum seperti bis kota bisa jadi pilihan. Dengan transportasi ini kamu bisa menjangkau beberapa tempat wisata yang menjadi landmark Jogja yang terkenal, seperti Malioboro, Tugu Jogja, Kebun Binatang Gembira Loka dan yang lainnya.

5. Mengunjungi tempat wisata populer yang murah.

Ingin sekedar rileks di Jogja sambil menikmati tempat-tempat wisata populer yang murah atau bahkan gratis, maka banyak pilihannya. Sebut saja misalnya, Malioboro, Kawasan Nol Kilometer, Benteng Vredeburg, Tugu Jogja, Keraton, Museum Sonobudoyo, Tamansari dan sebagainya. Tempat-tempat wisata yang banyak diburu para wisatawan ini memang tak bisa dikesampingkan, rasanya kamu ke Jogja belum lengkap kalau belum mengunjungi tempat-tempa tersebut.

Nah, itulah beberapa tips menikmati wisata Jogja yang lebih murah. Bagaimana, apakah kamu sudah merencanakan untuk liburan ke Jogja? Jika kondisi kantong kurang mendukung, tak ada salahnya kamu coba ikuti tips di atas. Selamat berwisata! 
 
 
 

Tidak ada komentar