Penyebab Nafas Bunyi dan Penanganannya



Image  :  pixabay.com
 

 

Bayi bisa mengalami nafas berbunyi yang merupakan hal yang umum. Akan tetapi hal tersebut juga perlu dikhawatirkan ketika disertai dengan gejala dan tanda lain yang berbahaya. Seperti misalnya ketika bayi mengalami sesak nafas, mengalami rasa yang tidak nyaman, hingga tubuh yang menjadi demam. Hal tersebut merupakan pengecualian dari kondisi ini dan perlu ditangani dengan lebih serius.

Akan tetapi kondisi napas bayi berbunyi sendiri merupakan hal yang normal dan bisa diatasi sendiri. Bunyi napas bisa terjadi karena saluran pernafasan bayi yang sempit, sehingga hal tersebut bisa membuat suara ketika bayi bernafas. Selain itu alasan lainnya adalah karena bayi yang belum mampu untuk mengeluarkan lendir di saluran napas. Hal tersebut membuat bunyi yang tidak normal bisa ditangani dengan mudah dengan membantu bayi mengeluarkan lendir yang terdapat di saluran pernafasan. Selain itu, untuk mengetahui cara penanganan kondisi ini juga bisa dengan mengetahui penyebab nafas bunyi pada bayi terlebih dahulu. Sehingga hal tersebut juga akan membantu untuk lebih mudah menangani masalah ketika nafas bayi berbunyi.

Adapun beberapa jenis suara normal yang terjadi pada bayi dan penyebabnya adalah:


  1. Suara pertama adalah ketika timbul suara seperti kumur-kumur. Kondisi ini disebabkan oleh air liur yang terkumpul.
  2. Suara seperti mengendus yang disebabkan oleh bayi yang tidak nyenyak.
  3. Suara cegukan bisa terjadi karena bayi yang terlalu banyak minum susu dan menelan banyak udara.
  4. Suara siulan merupakan kondisi yang disebabkan oleh hidung bayi yang masih sempit.


Sehingga dengan mengetahui alasannya seperti di atas akan bisa menangani kondisi nafas bunyi pada bayi lebih mudah. Salah satu kondisi yang paling umum adalah nafas bunyi karena perut bayi kembung. Dimana cara yang paling mudah untuk mengatasinya adalah bisa mengoleskan minyak telon pada bayi. Produk yang bisa dibeli untuk mengatasi kembung adalah Sleek Baby Telon Oil. Ibu perlu untuk membeli produk yang mempunyai kandungan minyak anisi ini karena bisa mencegah kembung hingga melancarkan pernafasan. 
 
 
 
 

Tidak ada komentar