Ini Berbagai Cara Mengatasi Ketombe pada Kulit Kepala Berminyak yang Bisa Kamu Lakukan

 

cara mengatasi ketombe pada kulit kepala berminyak
Image : istockphoto.com

Ketombe menjadi salah satu permasalahan yang sering timbul untuk urusan rambut. Keberadannya membuat banyak orang terganggu, selain bisa menimbulkan rasa gatal pada rambut di kepala juga akan membuat rambut berminyak. Tentu kondisi demikian bisa membuat kamu risih dan rasa percaya diri menjadi berkurang. Namun, tak perlu khawatir karena banyak cara mengatasi ketombe pada kulit kepala berminyak yang bisa kamu lakukan.

Apa sebenarnya ketombe itu? Mudah untuk dikenali, ketombe adalah kenampakan yang ditandai dengan adanya serpihan kulit kepala yang mengelupas. Hal ini timbul karena terjadinya iritasi akibat produksi minyak yang berlebihan pada kulit kepala. Dikenal ada dua jenis ketombe, yakni jenis ketombe basah yang ditandai dengan munculnya sisik berminyak di kulit kepala dan ketombe kering yang biasa muncul sebagai serbuk putih menempel pada bahu.

Lalu apa penyebabnya? Banyak penyebab sebagai pemicu timbulnya ketombe, misalnya saja karena jarang melakukan keramas, terjadinya penumpukan pemakaian produk rambut, karena penyakit seperti eksim, infeksi jamur, kondisi kulit kepala yang kering atau kekurangan cairan, perawatan rambut yang tidak cocok hingga karena terjadinya perubahan cuaca.

Sudah barang tentu rambut yang indah menjadi dambaan setiap wanita, oleh karena itu sungguh menjadi hal yang memalukan jika mempunyai rambut sampai diiringi dengan ketombe dan membuat kulit kepala menjadi gatal. Lantas apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi ketombe, khususnya pada kulit yang berminyak?

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan bagi kamu yang bermasalah dengan rambut berketombe, mulai dari cara perawatan rambut itu sendiri secara benar hingga penerapan gaya hidup yang sehat. Berikut 4 cara diantaranya untuk mengatasi ketombe pada kulit kepala berminyak, simak uraiannya!

1. Melakukan perawatan rambut dengan benar.

Ingin mempunyai rambut sehat, berkilau serta bebas ketombe pastinya kamu perlu mengetahui bagaimana cara merawat rambut dengan benar, diantaranya seperti :

  • Rutin mencuci rambut, apalagi untuk tipe rambut berminyak bisa menjadi salah satu cara mengatasi ketombe. Dengan melakukan ini maka sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di kulit kepala akan terangkat. Namun jangan juga terlalu sering untuk menghindari kulit kepala menjadi kering yang justru akan membuat ketombe semakin parah.
  • Pakai sampo antiketombe, di dalamnya mengandung bahan-bahan organik yang selain bisa mengatasi ketombe juga bisa mencegah rambut rusak dan membantu mengontrol produksi minyak di kulit kepala.
  • Bilas sampo sampai bersih, saat mencuci rambut pastikan kamu telah membilas rambut secara menyeluruh hingga bersih, kemudian keringkan secara alami.
  • Menyisir rambut, gunakan sisir untuk menyisir sekaligus memijat kulit kepala setiap kali selesai keramas dengan sampo anti ketombe. Cara ini disamping akan membersihkan kulit kepala juga bisa membantu sirkulasi darah sehingga membuat rambut menjadi sehat.

2. Menggunakan poduk perawatan rambut yang tepat.

Penggunaan produk yang tidak tepat bisa saja memicu produksi minyak di kulit kepala secara berlebih. Hal ini bisa terjadi karena adanya residu dari penggunaan sampo dan kondisioner yang tidak terbilas dengan bersih.

Sebagai salah satu pilihan produk perawatan rambut, kamu bisa memakai produk TRESemm√© yakni Scalp Care Shampoo Anti Ketombe dan Scalp Care Kondisioner Rambut Berminyak. Scalp Care Shampoo Anti Ketombe untuk mengatasi ketombe dan rambut rontok sekaligus mengatasi rambut berminyak dan kulit kepala gatal. Sementara Scalp Care Kondisioner Rambut Berminyak untuk menghilangkan ketombe membandel yang bekerja efektif menutrisi kulit kepala berminyak, kering, dan gatal. 
 
 
Image : tresemme.com
 


3. Menggunakan cara alami.

Meski sekarang banyak produk perawatan rambut yang menawarkan bisa mengatasi masalah ketombe, namun di sisi lain banyak juga cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan ketombe. Cara ini dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, diantaranya :

  • Cuka apel, bisa berfungsi mengurangi kadar minyak pada kulit kepala, juga menekan pertumbuhan jamur penyebab ketombe karena sifatnya sebagai antimikroba.
  • Jeruk Lemon, merupakan astringent alami yang membantu mengontrol produksi minyak pada kulit kepala, juga menyeimbangkan pH kulit kepala sehingga menekan tumbuhnya jamur penyebab ketombe.
  • Minyak kelapa, mengandung vitamin E yang bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi rambut.
  • Lidah buaya, umumnya orang tahu bahan ini sangat baik untuk kesehatan rambut karena bisa membantu membunuh jamur dan mengangkat sel-sel kulit yang mati sebagai penyebab ketombe.
  • Minyak kemiri, selain bisa mendukung pertumbuhan rambut, minyak ini juga bisa membantu mengatasi masalah ketombe pada rambut.
  • Bawang putih, secara alami mampu membunuh jamur penyebab ketombe.

4. Menerapkan gaya hidup sehat.

Selain menggunakan produk perawatan atau bahan alami , menghilangkan ketombe juga bisa dilakukan dengan cara menerapkan gaya hidup sehat. Kamu bisa memperbaiki pola makan dengan memperbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan, banyak minum air, dan menghindari perasaan stres. Dengan begitu sistem tubuh akan berjalan baik dan sehat tentunya, sehingga akan mempengaruhi kondisi tubuh termasuk kondisi rambut dan kulit kepala. Kamu bisa merasakan manfaatnya, rambut bebas dari masalah ketombe.

Itulah berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ketombe. Jangan menyerah dengan ketombe yang akan mengganggu penampilanmu. Atasi dengan beberapa cara tersebut!
 
 
 

Tidak ada komentar

test banner